Minggu, 15 April 2012

DAMPAK MASALAH KEPENDUDUKAN TERHADAP PEMBANGUNAN

Penduduk adalah objek dan subjek pembangunan. Sebagai objek, penduduk adalah sasaran pembangunan sedangkan sebagai subjek , penduduk adalah pelaku pembangunan. Peranan penduduk sebagai subjek menentukan arah dab keberhasilan pembangunan. potensi dan tantangan pembangunan ditentukan oleh keadaan riil kependudukan dan sumber daya alam yang dimiliki oleh suatu negara. Kekayaan sumber daya alam  yang ada dibumi Indonesia sangat besar, fakta yang menunjukan bahwa eksploitasi sumber daya alam  (penebangan ) di Indonesia banyak dilakukan oleh perusahaan asing. Proyek-proyek pembangunan oleh pemerintah juga sering menggunakan bantuan  perusahaan asing, hl ini disebabkan oleh keterbatasan modal dan teknologi yang dimiliki penduduk Indonesia. Penguasaan teknologi dan kepemilikan modal terkait dengan kualitas sumber daya manusia (SDM) penduduk Indonesia. Rendahnya kualitas sumber daya manusia penduduk Indonesia ditunjukan dengan GDP perkapita yang relatif rendah. Kualitas sumber daya manusia penduduk Indonesia yang rendah merupakan penghambat pembangunan.

Secara terperinci faktor kependudukan yang menghambat pembangunan adalah :

  1.  Rendahnya kualitas SDM penduduk Indonesia
 Salah satu Indikator kemakmuran suatu negara adalah volume barang dan jasa yang dihasilkan oleh penduduknya. Untuk memproduksi barang dan jasa diperlukan penguasaan teknologi dan ilmu pengetahuan. Penguasaan teknologi dan ilmu pengetahuan terkait dengan kualitas SDM penduduk suatu negara. Jadi kualitas SDM merupakan faktor penentu kemakmuran

    2.  Pertumbuhan penduduk yang tinggi

Penduduk merupakan potensi sekaligus beban pembangunan. Penduduk yang berkualitas merupakan potensi atau kekuatan pembangunan , sedangkan penduduk dengan kualitas rendah merupakan beban pembangunan . Pertumbuhan penduduk bagi suatu negara dapat menjadi kekuatan sekaligus beban, hal ini tergantung bagaimana kualitas penduduknya. Bagi Indonesia , pertumbuhan penduduk yang tinggi merupakan beban pembangunan  karena jumlah penduduk Indonesia saat ini cukup besar. Tetapi kualitas hidupnya masih rendah, apabila pertumbuhan penduduk masih tetap tinggi , maka kualitas hidup akan semakin makmur.

  1. Pertumbuhan penduduk yang tinggi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar