Kamis, 04 Oktober 2012

SEGMENTESI PASAR DAN ANALISA DEMOGRAFI



Pada umumnya, pasar mempunyai karakter dan perilaku tertentu, pasar dianggap mempunyai satu karakter dan perilaku yang sama. Oleh karena itu konsekuensi kebutuhan  maupun usaha pasar untuk memperoleh barang juga berperilaku seragam. Dalam kenyaatan pasar tidak hanya  dilayani oleh suatu perusahaan yang berusaha merebut untuk dapat memenuhi permintaan pasar. Oleh karena itu perusahaan perlu meningkatkan kemampuan melayani pasar dan sekaligus juga untuk mengalahkan pesaing-pesaingnya. Dengan kata lain, perusahaan perlu menguasai pasar. Perilaku pasar pada dasarnya mempunyai sfat yang heterogen , keragaman perilaku pasar akan memerlukan barang dan usaha-usaha memperoleh barang yang juga beragam. Pemasar merasa perlu mengelompokan pasar yang heterogen tersebut dalam bagian-bagian pasar yang mempunyai perilaku seragam.
Segmentasi pasar itu sendiri pengertiannya adalah proses membagi-bagi pasar yang semula berperilaku heterogen menjadi beberapa kelompok pasar yang sekarang berperilaku lebih seragam. Atau proses mengelompokan bagian-bagian pasar yang berperilaku sama dari keseluruhan perilaku pasar yang beragam . secara umum , tujuan segmentasi pasar adalah untuk memperoleh bagian besar yang mempunyai karakter dan perilaku yang lebig seragam.
BASIS SEGMENTASI PASAR INDUSTRIAL :
1. Geografis (wilayah, sentra industry dan perdagangan)
2. Demografis  (jenis industry,kapasitas atau luas produksi)
3. Variabel operasional (tingkat teknologi,pola komsumsi, kapabilitas dan kebutuhan pelanggan)
4. Pendekatan pembelian (tingkat wewenang bagian pembelian, struktur wewenang, kebijaksanaan     pembelian, criteria pembelian)
5. Faktor situasional (tingkatan kepentingan, penggunaan, tingkat pemesanan)
6.  Karakter personal (kesamaan pembeli-penjual , sikap terhadap resiko , tingkat loyalitas terhadap pemasok)

 sumber :dasar pemasaran(teguh budiarto)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar