Kamis, 15 Maret 2012

PENGERTIAN DAN KONSEP PEMASARAN

Secara umum pemasaran adalah kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis untuk memenuhi kebutuhan pasar dengan barang atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.

Unsur-unsur pokok dalam kegiatan pemasaran adalah:

1. Pemasar

   Pemasar adalah organisasi perusahaan atau perorangan yang mempunyai tujuan tertentu bagi organisasi  maupun pribadinya. Tujuan pemasar yaitu untuk mencari keuntungan dan mencari pelanggan. Pemasar mempunyai kapasitas misalnya, sumberdaya, teknologi, dan manajemen yang mampu untuk memproduksi barang atau jasa sebagai kebutuhan permintaan pasar.

Kapasitas pemasar dapat meliputi :
a. Produsen
b. Organisasi
c. Pemerintah.

2. Barang atau Jasa

Apapun bentuk sesuatu yang ditawarkan produsen untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.


3. Pasar.

Pasar adalah konsumen pribadi atau organisasi perusahaan yang mempunyai kebutuhan dan keinginan yang berwujud sebagai permintaan terhadap barang atau jasa. Secara umum, tujuan utama dari konsumen adalah untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan yang diinginkannya. Pasar mempunyai kapasitas pertukaran daya beli untuk dapat memperoleh barang yang diminta, daya beli dapat berwujud penguasaan uang, barang yang bernilai yang dapat ditukarkan, ataupun kepercayaan orang lain bahwa mereka mampu membayar.

4. Proses Pertukaran

Pertukaran adalah kegiatan dua pihak yang masing-masing memerlukan sesuatu milik pihak lain sebagai usaha untuk pemenuhan kebutuhan dan keinginan masing-masing. pertukaran dapat dilakukan secara barter atau transaksi penjualan dengan syarat-syarat yang telah disepakati secara layak oleh kedua belah pihak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar