Kamis, 15 Maret 2012

PEMASARAN INTERNASIONAL

Pemasaran Internasional adalah pemasaran yang kegiatan operasionalnya melewati batas-batas lebih dari satu negara.

Tahap-tahap menjadi pemasar Internasional :

1. No Foreigen Marketing

Perusahaan sudah berhubungan dengan dunia Internasional tetapi bukan karena inisiatif atau belum ada usaha sendiri untuk memasarkan ke pasar luar negeri, pelanggan asing datang ke perusahaan, atau atas usaha eksportir

2. Infrequent foreigen Marketing

Perusahaan mulai memasarkan sendiri ke pasar luar negeri tetapi jika hanya mempunyai surplus produksi. Apabila pasar domestik masih mampu menanganinya, kegiatan ini akan ditinggalkan. Pada tahap ini belum ada penyesuaian organisasi maupun produknya untuk pasar Internasional.

3. Reguler foreigen Marketing

Produsen sudah mempunyai perencanaan untuk memasarkan produknya ke pasar asing melalui penyalur domestik atau distributor asing. Tujuannya untuk melakukan ekspansi pasar domestik dan sudah mulai untuk memahami kebutuhan maupun keinginan pasar Internasional.

4. Global Marketing Operations

pada phase ini, produsen benar-benar telah terlibat dengan dunia Internasional secara global. Kegiatannya tidak hanya sebatas pemasaran saja, tetapi sudah merencanakan operasional produksi maupun organisasi bersaing dipasar dunia.

Langkah- langkah memasuki pasar Internasional

1. Analisi lingkungan Internasional
2. Penetapan tujuan dan kebijakan
3. Sasaran pasar Internasional
4. Strategi pasar Internasional
5. Program Pemasaran
6. Organisasi Pemasaran
7. Evaluasi dan Pengendalian.





sumber : buku dasar manajemen pemasaran "gunadarma"

1 komentar:

  1. Jangan lupa mampir di blog saya ya
    coklatwonka.wordpress.com
    mycoklatwonka.blogspot.com
    Tengkyuu kaka

    BalasHapus