Perilaku
konsumen adalah dinamis, selalu berubah dan bergerak sepanjang waktu.
Implikasinya adalah bahwa generalisasi perilaku konsumen biasanya terbatas
untuk jangka waktu tertentu, produk dan individu atau group
tertentu.Menurut Engel et al. (1994:3). Perilaku konsumen didefinisikan sebagai
tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi, dan
menghabiskan produk dan jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului dan
menyusuli tindakan ini.
Menurut Lamb et
al. (2001:188) perilaku konsumen menggambarkan bagaimana konsumen membuat
keputusan-keputusan pembelian dan bagaimana mereka menggunakan dan mengatur
pembelian barang atau jasa. Pelajaran mengenai perilaku konsumen juga
menyangkut analisa faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian dan
penggunaan produk. Dengan demikian perilaku konsumen adalah kegiatan yang
secara langsung terlibat dalam mendapatkan dan mengkonsumsi produk atau jasa,
termasuk di dalamnya proses pengambilan keputusan, yaitu: pengenalan kebutuhan,
pencarian informasi, evaluasi alternatif, pembelian, dan perilaku pasca
pembelian.
Perilaku
keputusan pembelian konsumen dipengaruhi oleh faktor budaya, sosial, individu
atau pribadi, dan psikologis (Lamb et al., 2001:201; Kotler dan Keller,
2007:214).
Faktor budaya
secara luas mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen. Faktor sosial
menunjukan interaksi sosial antara konsumen dan mempengaruhi sekelompok orang,
seperti pada referensi kelompok, opini para pemimpin dan para anggota keluarga.
Faktor individu, termasuk jenis kelamin, umur, keluarga, dan daur hidup
keluarga (family life cycle stage), pribadi, konsep hidup, dan gaya hidup
adalah unik pada setiap individu dan memerankan aturan utama pada produk yang
diinginkan konsumen. Faktor psikologis menentukan bagaimana menerima dan
berinteraksi dengan lingkungannya dan pengaruh pada keputusan yang akan diambil
oleh konsumen yang di dalamnya terdiri dari persepsi, motivasi, pembelajaran,
keyakinan dan sikap.
Sumber:http://noerdblog.wordpress.com/2011/09/04/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-pembelian/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar